Sudut pandang Ayurvedic - Masalah & Berfungsi Of Hati, Limpa & Kandung Empedu

Sudut pandang Ayurvedic - Masalah & Berfungsi Of Hati, Limpa & Kandung Empedu

HATI: Dikenal sebagai "Yakrut" dalam Ayurveda, Hati adalah yang terbesar dan salah satu organ yang paling penting, yang berfungsi sebagai pabrik kimia tubuh dan mengatur kadar sebagian besar bahan kimia utama dalam darah. Menyerap oksigen & nutrisi dari darah dan mengatur glukosa darah dan kadar asam amino. Ini membantu obat breakdown & berbagai racun dan menghasilkan empedu yang menghilangkan produk-produk limbah dan membantu proses lemak di usus kecil. Hati memiliki banyak fungsi vital bagi tubuh termasuk memproduksi protein penting untuk plasma darah; seperti albumin (yang mengatur pertukaran air antara darah & jaringan), melengkapi (sekelompok protein yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh), faktor koagulasi (yang memungkinkan darah untuk membeku ketika dinding pembuluh darah rusak) dan globin ( konstituen dari oksigen yang membawa pigmen hemoglobin). Hati juga memproduksi kolesterol dan protein khusus yang membantu lemak membawa seluruh tubuh.

Fungsi lain dari hati adalah untuk mengambil glukosa yang tidak diperlukan segera oleh sel-sel tubuh, dan menyimpannya sebagai glikogen. Ketika tubuh membutuhkan untuk menghasilkan lebih banyak energi dan panas, hati (di bawah rangsangan hormon) mengubah glikogen kembali ke glukosa dan rilis ke dalam aliran darah.

Hati juga mengatur tingkat darah dari asam amino. Ketika darah mengandung tingkat terlalu tinggi dari asam amino, hati mengkonversi beberapa dari mereka menjadi glukosa, beberapa menjadi protein, beberapa menjadi asam amino lainnya, dan beberapa menjadi urea, yang diteruskan ke ginjal untuk ekskresi urin. Seiring dengan ginjal, hati bertindak untuk membersihkan darah dari obat-obatan dan zat beracun.

Menurut Ayurveda, "Yakrut" (Hati) adalah host atau tempat tinggal utama untuk "Pitta" {salah satu `tridoshas 'yaitu tiga noda, Vatta (Air), Pitta (empedu) & Kapha (mukosa), yang bertanggung jawab untuk seluruh fungsi fisiologis tubuh} - api pencernaan tubuh dan faktor balancing utama untuk Kesehatan yang sempurna. "Pitta" - cairan kehijauan-coklat disekresi oleh hati menghilangkan produk-produk limbah dari hati dan membawa garam empedu, yang diperlukan untuk pemecahan dan penyerapan lemak, ke usus dan mendetoksifikasi pembuluh darah.

LIMPA: Dikenal sebagai "Pleeha" dalam Ayurveda, Limpa merupakan organ yang mengontrol kualitas beredar sel darah merah dengan menghapus & menghancurkan semua aus sel darah merah dan membantu melawan infeksi dengan memproduksi beberapa antibodi, fagosit dan limfosit.

GANGGUAN DARI HATI & LIMPA DAN PENGOBATAN MEREKA

Hati & Limpa telah dianggap sebagai organ tubuh yang paling penting dan gangguan mereka telah banyak dijelaskan dalam epos Ayurvedic asli, diyakini berusia lebih dari 5000 tahun. Meskipun penyebab dapat bervariasi khas dengan kondisi negara iklim, gangguan mereka telah dijelaskan dengan etiologi umum.

The imbalancement dari satu, dua atau semua tiga 'doshas' memiliki efek individu pada hati dengan gejala bervariasi. Terganggu 'Vatta atau Kapha doshas', setelah mendapatkan kontak dengan 'Pitta' mengganggu sekresi dan fungsi normal, mengakibatkan kegagalan untuk melakukan tugas normal. Sekresi penurunan 'Pitta' penyebab sensasi dalam tubuh dan gejala seperti anoreksia pendinginan; dispepsia; kehilangan muka-kilau; sakit umum; gangguan pencernaan; menggigil; berat; pikiran sedih; palor tubuh; bersalju mata & kuku dan kehilangan penglihatan, api tubuh, nafsu makan & haus. Peningkatan yang menyebabkan sensasi terbakar di dalam tubuh dan gejala seperti insomnia; vertigo; pingsan; pucat mata, wajah, kulit & urine; whitening tinja dan haus meningkat & marah.

Faktor yang bertanggung jawab untuk imbalancement dari "Pitta", yang berkaitan dengan berbagai gangguan hati, adalah worm (bakteri & parasit) infestasi dan penghalang dari saluran-saluran empedu. Sejauh penyebab paling umum dari penyakit hati adalah konsumsi alkohol yang berlebihan. Gangguan terkait alkohol, yang meliputi alkohol hepatitis & sirosis, melebihi semua jenis lain dari gangguan hati dengan minimal 5-1. Terlepas dari alkohol & virus yang disebabkan penyakit hati, hati mungkin terpengaruh oleh cacat bawaan, gangguan peredaran darah, gangguan metabolisme, keracunan dan proses auto-imun. Gagal hati dapat terjadi sebagai akibat hepatitis akut, keracunan atau sirosis. Pembesaran & ikterus dua tanda umum dari penyakit hati. Menurut `Charaka ', semua gangguan hati, secara keseluruhan, yang berhubungan dengan gejala seperti kelemahan, anoreksia, gangguan pencernaan, retensi tinja & urine, haus, muntah, malaise, pingsan, sujud, batuk, dyspnoea, demam ringan, hilangnya pencernaan, kekurusan, rasa sakit di jari-jari & sendi, anemia, reddishness & perubahan warna perut, menghitam kulit, pulsa lemah, kehilangan darah dll

Gangguan biasa limpa adalah pembesaran nya; sebagai hasil dari berbagai infeksi termasuk tifoid & malaria sisa; kelainan darah; anemia hemolitik dll sehingga menimbulkan gejala seperti menggigit atau sensasi terbakar di daerah limpa, usus sembelit, hanya sedikit atau darah urine merah, kesulitan bernafas, batuk kronis, kehilangan nafsu makan, lesu, kehilangan daging, kelemahan, pucat dari kulit, anemia , rasa haus meningkat, muntah, tastelessness, penglihatan kabur, pusing dan kehilangan kesadaran.

Semua penyebab yang menyebabkan pembesaran limpa menghasilkan derangements pembesaran & hati juga dan memiliki gejala umum. Namun, obat modern tidak, sejauh ini, memiliki obat yang benar-benar efektif untuk gangguan hati & limpa. Ayurveda tidak mengobati penyakit gejalanya. Terapi diarahkan pada memperbaiki imbalancement dari 'doshas', sehingga mengurangi kerentanan. Dengan demikian terapi ditujukan untuk pemeliharaan sistem bilier, yang toning dan pencegahan infeksi, yang membantu dalam manajemen terapi profilaksis & dari gangguan hati & limpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar