Stress Relief dan Aliran Halus Energi

Stress Relief dan Aliran Halus Energi

Saya sikat sadar pertama dengan energi stagnan terjadi selama semester pertama saya di sekolah untuk belajar Akupunktur. Aku kembali kembali ke sekolah untuk master dalam kedokteran Oriental setelah berada jauh dari dunia akademis selama bertahun-tahun (oke, mungkin puluhan tahun). Aku ingat berpikir pada saat itu, "Bagaimana keras bisa ini?" Banyak yang mengejutkan saya, itu sangat sulit. Saya memiliki kelas siang hari dan belajar setiap malam dan akhir pekan. Saya bekerja paruh waktu dan suami saya pergi untuk bisnisnya. Anak-anak saya masih di sekolah dasar dan SMP, dan mereka tidak senang dengan saya kembali ke sekolah.

Sekitar dua bulan ke semester, saya mulai mendapatkan perasaan lucu di tenggorokan. Rasanya seperti benjolan terjebak di suatu tempat di bawah jakun saya dan di atas tulang dada saya yang membuatnya sulit bagi saya untuk menelan dan sangat tidak nyaman untuk makan. Setelah banyak antasida dan perjalanan ke dokter saya, saya berakhir di klinik mengajar obat Cina di sekolah saya. Dalam rangka pengobatan Cina, gejala saya dengan mudah didiagnosis. Aku punya sesuatu yang disebut Plum Pit Qi, yang terdengar persis seperti apa yang saya rasakan - lubang plum tertangkap aku tenggorokanku. Saya belajar bahwa Plum Pit Qi adalah semacam stagnasi Qi (diucapkan chee), atau energi, dan terjadi sebagai akibat dari situasi yang kiasan terlalu sulit untuk menelan.

Sementara akupunktur dan pengobatan herbal di klinik yang sangat efektif, saya juga harus mengakui bahwa saya telah mengambil terlalu banyak. Aku harus baik berhenti sekolah atau menemukan cara untuk menyeimbangkan semua komitmen saya telah mengambil di. Setelah retooling hidup saya agak, berhenti dari pekerjaan saya, dan belajar ketika anak-anak saya ditempati atau di tempat tidur, saya berhasil melewati bahwa semester I dan akhirnya, tiga tahun kemudian, menyelesaikan gelar master saya.

Mungkin, yang paling mengejutkan bagi saya dari seluruh episode ini adalah bagaimana kuat gejala fisik berasal dari stres yang murni emosional. Dalam pengobatan Cina fenomena ini berkaitan dengan kelancaran arus Qi, atau energi, seluruh tubuh. Qi dapat digambarkan sebagai energi kehidupan atau energi yang diperlukan untuk transformasi terjadi.

Setiap sel dalam tubuh kita membuat energi. Salah satu dasar pengobatan Cina adalah bahwa energi dalam tubuh kita bergerak sepanjang jalur, dan kesehatan yang baik tergantung pada aliran terhalang energi yang seluruh jalur dari tubuh. Kelancaran arus Qi dalam tubuh kita yang paling erat kaitannya dengan hati, sistem organ simbolik (bukan hati yang sebenarnya) yang berhubungan dengan elemen kayu. Ini mungkin berhubungan dengan kayu keras yang ditemukan di pohon, namun warna yang berhubungan dengan hati berwarna hijau atau biru / hijau, menunjukkan tanaman muda dan lambat, pertumbuhan stabil mereka ke atas ke arah matahari. Jika beberapa kendala (atau stressor) menghambat pertumbuhan itu, maka tanaman akan tumbuh bengkok dan menjadi cacat.

Sementara Hati bertanggung jawab untuk kelancaran arus Qi, juga memiliki hubungan yang kuat untuk kelancaran arus emosi. Ketika keadaan emosional kita bahkan, Qi akan mengalir merata ke seluruh tubuh kita. Namun, selama pergolakan emosional atau stres tak henti-hentinya, Qi kami cenderung stagnan. Stagnasi ini jauh seperti menyalakan air untuk selang taman Anda dan kemudian membungkuk sampai aliran terputus. Ini penyumbatan Qi dapat menyebabkan banyak gejala fisik, dari saya Plum Pit Qi, insomnia, sakit kepala, masalah ginekologi, dan nyeri.

Pada akhirnya, emosi halus sama halus Qi. Sayangnya, ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Kami memiliki semua, pada satu waktu atau yang lain, menjadi terjebak dalam cara kita berpikir hal-hal yang seharusnya dan memiliki kesulitan menerima apa sebenarnya. Bagi banyak dari kita perasaan ini adalah konstan, dan ketika perasaan menjadi luar biasa, Qi kami menjadi terikat dan mulai stagnan. Perasaan ini dapat mengambil bentuk terlalu banyak hal yang harus dilakukan dan tidak cukup waktu, pekerjaan yang tidak kita sukai, orang-orang yang mengganggu kita, atau apa pun yang membuat kita bahagia, nyaman, frustrasi, atau marah. Hasil akhirnya mungkin stres berlebihan, kecemasan, depresi, atau serangan panik.

Setiap hari, kita melihat orang-orang mencoba untuk memindahkan Qi, beberapa lebih berhasil dari yang lain. Pada setiap akhir pekan pagi diberikan selama musim panas, kita melihat ribuan orang di luar berjalan, bersepeda, dan berjalan. Mereka biasanya merasa lebih baik setelah berolahraga, karena aktivitas fisik bergerak Qi. Namun, praktisi pengobatan Cina akan mengingatkan bahwa olahraga berlebihan bisa menipis.

Minum secangkir kopi mempercepat hal-hal dan juga bergerak Qi, juga. Namun, kopi adalah diuretik, dan kelebihan juga dapat menipis. Seperti kopi, penggunaan bahan kimia / penyalahgunaan merupakan upaya untuk bergerak stagnan Qi dan merasa lebih baik, tetapi efek depleting dari praktek-praktek tersebut yang jelas.

Mungkin cara yang paling sukses menangani stagnan Qi, dan akhirnya emosi, adalah beberapa praktek Timur, seperti Taiqi, qigong, atau yoga. Ini menggabungkan olahraga ringan dengan teknik pernapasan yang memungkinkan kita untuk bahkan keluar emosi, menyehatkan tubuh kita, dan halus Qi. Melalui pernapasan yang tepat dan menenangkan pikiran, meditasi juga merupakan cara yang sangat baik untuk menenangkan emosi dan memungkinkan Qi bergerak bebas.

Ketika praktek ini tidak cukup, atau ketika stagnan Qi mulai bermanifestasi sebagai penyakit, akupunktur dapat membantu membawa bantuan. Banyak orang percaya bahwa akupunktur yang terbaik digunakan untuk menghilangkan rasa sakit. Namun, itu juga sangat efektif dalam mengobati gangguan stres terkait seperti iritasi usus, sakit kepala, PMS, depresi, dan insomnia.

Seperti "Plum Pit" tertangkap di tenggorokan, banyak gejala fisik yang membuat kita tidak nyaman sebenarnya barometer untuk kesehatan emosional kita. Seringkali, ketika kita telah mengabaikan tanda-tanda yang jelas bahwa kita sedang melakukan terlalu banyak atau perlu membuat perubahan emosional, ketidaknyamanan ini akhirnya membuat kita untuk berhenti dan mengambil gaya hidup kita ke rekening.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar